Pengertian Multimedia Interaktif
Multimedia adalah
media sangat komplek yang menggabungkan beberapa unsur media yang melibatkan
teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi. Kemajuan
teknologi akibat pesatnya arus globalisasi, merubah pola pengajaran pada dunia
pendidikan. Pengajaran yang bersifat klasikal berubah menjadi pengajaran yang
berbasis teknologi baru seperti internet dan komputer. Apabila dulu, guru
menulis dengan sebatang kapur, sesekali membuat gambar sederhana atau
menggunakan suara-suara dan sarana sederhana lainnya untuk mengkomunikasikan
pengetahuan dan informasi. Sekarang sudah ada komputer. Sehingga tulisan, film,
suara, musik, gambar hidup, dapat digabungkan menjadi suatu proses komunikasi.
Levie dan Levie
(1975) dalam Arsyad (2005) yang membaca kembali hasil-hasil penelitian tentang
belajar melalui stimulus kata, visual dan verbal menyimpulkan bahwa stimulus
visual membuahkan hasil belajar yang lebih baik untuk tugas-tugas seperti
mengingat, mengenali, mengingat kembali, dan menghubung-hubungkan fakta dengan
konsep.
Adanya multimedia
pembelajaran interaktif (MPI) dapat membantu guru untuk mendesain pembelajaran
secara kreatif. Dengan desain pembelajaran yang kreatif maka diharapkan proses
pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih interaktif, lebih efektif,
kualitas belajar belajar siswa dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar
dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dan sikap dan minat belajar siswa
dapat ditingkatkan.
Kelebihan
Multimedia pembelajaran interaktif dibandingkan media yang lain.
1. Memperbesar benda
yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata. Dengan bantuan multimedia maka
dapat ditampilkan benda-benda seperti kuman, bakteri, elektron, dll. dengan
demikian benda-benda tersebut akan mudah dipahami oleh siswa.
2. Memperkecil benda
yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah. Dengan demikian
kita dapat menyajikan benda-benda seperti gedung, gajah, gunung, candi, rumah,
dll. Sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara riil melaui
gambar, movie atau animasi.
3. Menyajikan benda
atau peristiwa yang kompleks, rumit,da berlangsung cepat atau lambat. Adanya
kemampuan ini maka guru dapat menyajikan melaui gambar animasi atau movie
tentang susunan atom, sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya
planet-planer, berkembangnya bunga, dll.
4. Menyajikan suatu
benda atau peristiwa yang jauh. melalui multimedia maka guru dapat menghadirkan
obyek-obyek seperti planet, bulan, bintang, salju ke dalam ruang kelas.
5. Menyajikan benda
atau peristiwa yang berbahaya. Dengan kemampuan ini maka guru dapat menyajikan
peristiwa-peristiwa yang berbahaya seperti ledakan bom, peluncuran roket,
letusan gunung berapi, kebakaran, binatang buas, racun, dll.
6. Meningkatkan daya
tarik dan perhatian siswa. Dengan kemampuan ini maka pembelajaran dapat
berlangsung secara menarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar